Wednesday, February 24, 2016

Pendidikan Karakter Anak



PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK

Pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk karakter seorang anak. Pada saat ini banyak anak-anak yang tumbuh berkembang tidak sesuai dengan tugas perkembangannya, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kemajuan zaman dan kemajuan teknologi sehingga banyak anak yang dibawah umur terpengaruh oleh berbagai teknologi yang ada. Misalnya saja pada saat ini banyak anak usia 6-7 tahun sudah banyak menguasai teknologi contohnya handphone dan internet. Dalam hal ini pengawasan orang tua sangatlah penting karena anak pada usia itu mungkin akan cenderung meniru dan mencoba hal-hal yang baru ia ketahui. Namun kebanyakan masalah yang terjadi pada anak saat ini seringkali terlepas dari pengawasan orang tua sehingga seringkali kejadian yang tidak patut untuk dilakukan oleh seoang anak terjadi, misalnya menonton video porno.
            Dengan kondisi seperti itu maka pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini. Namun membentuk seorang anak yang berkarakter itu bukanlah suatu hal yang mudah dan cepat. Pendidikan karakter ini harus diberikan secara terus-menerus sehingga membuat semua itu menjadi sesuatu hal yang biasa. Pendidikan karakter memerlukan metode khusus yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Di antara metode pembelajaran yang sesuai adalah metode keteladanan,  dan metode pembiasaan.
Banyak hal yang mungkin dapat dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter salah satunya dalam lingkungan keluarga, karena dalam sebuah keluargalah pembentukan pendidikan karakter itu pertama dan utama yang harus dilakukan.
            Penanaman penddidikan karakter juga dapat dilakukan di lingkungan sekolah. Konsep pendidikan karakter ini tidak hanya cukup dijadikan sebuah poin dalam silabus tetapi juga perlu dipraktekkan, seperti mentaati peraturan yang ada di sekolah. Disini tenaga pendidik juga harus bisa memerikan contoh nyata dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut berguna bagi siswa sebagai panutaan dalam bertingkah laku atau hal yang lainnya.
            Selain lingkungan keluarga dan sekolah, pendidikan karakter juga di dukung oleh lingkungan masyarakat, karena sistem nilai yang dianut dalam masyarakat yang dianutnya akan mempengaruhi sikap dan cara pandang keseluruhan.
            Maka kuncinya untuk menanamkan pendidikan karakter yang berkualitas ada 3 komponen yang paling mendukung yaitu keluarga, sekolah (pendidik), dan masyarakat dalam merealisasikan pendidikan karakter secara nyata dan bukan sekedar wacanan tanpa aksi. Dan satu hal yang perlu kita ingat bahwa pendidikan karakter tidak hanya ada dalam pembelajaran semata namun juga penanaman pendidkan karakter juga pada intinya bertujuan untuk membentuk seseorang yang berakhlak mulia, bermoral, nilai etika, berbudi pekerti, berkembang dinamis, berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Serta yang paling penting adalah prakkteknya dalam kehidupan nyata setelah berbagai informasi tentang pendidikan karakter itu didapatkan.




No comments:

Post a Comment

Rancangan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal

  RENCANA PELAKSANAAN LAYAN...